Telaga Warna Puncak Bogor

Tawarkan Keindahan Alam dan Sensasi Wisata Adrenalin


Telaga Warna Puncak, Bogor

Anda penyuka liburan outdoor terutama daerah pegunungan berpemandangan alam indah, bersuhu dingin, berselimut kabut, dikelilingi tumbuhan hijau dan telaga dengan air yang dinginnya tidak jauh berbeda dengan air kulkas? Jika ingin ke tempat seperti ini ada baiknya Anda mengunjungi Telaga Warna Puncak Bogor.

Sama halnya dengan mengunjungi berbagai tempat wisata alam yang ada di kawasan puncak Bogor, untuk mencapai Telaga Warna yang berada di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Anda akan melalui jalan yang membelah perkebunan teh. Memasuki jalan dengan pembatas kanan kiri berupa pohon teh, Anda sudah akan merasakan sensasi wisata alam yang ditawarkan Taman Wisata Telaga Warna yang ditetapkan sebagai sebuah kawasan Taman Wisata dan menjadi bagian dari kawasan cagar Alam Hutan Gunung Mega Mendung dan Hambalang.

Dari jalan yang menanjak menuju Telaga Warna , akan terlihat hamparan kebun teh , jalan raya puncak yang berkelok serta perkampungan penduduk dengan background keindahan gunung yang menjulang tinggi. Sekitar 10 menit melalui jalan yang ada di perkebunan teh akan terlihat pintu masuk menuju Taman Wisata Telaga Warna di Puncak Bogor.

Masuk ke taman wisata, panorama alam di sekitar Telaga warna yang masih sangat asri bakal menyambut kedatangan Anda. Sebuah telaga yang luasnya sekitar 1.5 hektar dikelilingi tanaman hutan asli hutan tropica pegunungan seperti Puspa dan Khiur, serta tanaman tingkat rendah seperti Paku Tiang, Rame hingga rotan, “bertembok” punggung bukit berlumut dan bersajikan cuitan burung dan jika beruntung Anda bisa melihat loncatan indah kera yang memang banyak hidup di daerah ini akan membuat Anda betah berlama-lama disana.

Wisata Air, Trekking dan Flying Fox Lintasi Danau
Tak hanya sekedar menikmati alam, wisata Telaga Warna Puncak Bogor yang warna airnya mencapai tujuh warna, akibat pantulan warna dari banyak pohon yang tumbuh di sekitar danau juga menyediakan jenis wisata lain mulai dari wisata air, flying fox sampai trekking.

Flying Fox
Pengunjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan alam bisa menyewa perahu, rakit bambu atau sepeda air untuk mengelilingi danau sambil sesekali mencelupkan kaki dan tangan ke air telaga yang dingin menyegarkan. Anda yang suka uji adrenalin, tempat yang indah ini pun menyediakan wisata meluncur di atas danau (flying fox). Meluncur dari pohon tinggi melintasi danau alam yang cukup luas dengan menggelantung di atas tali sejauh 100 meter tentu menjadi tantangan tersendiri.

Tidak puas hanya berkeliling danau serta bermain flying fox, dan ingin beraktifitas lebih sehingga bisa berkeringat di tempat yang suhunya menggigit, Anda bisa melakukan kegiatan trekking di kawasan Telaga Warna ini. Fasilitas wisata berupa track untuk melintasi alam sekitar danau Telaga Warna sudah disediakan pihak pengelola.

Puas berwisata dan beraktifitas tentu membuat perut Anda keroncongan, jangan takut tak jauh dari tempat wisata ini atau masih disekitar puncak, Anda akan mudah menemukan rumah makan yang menyediakan aneka makanan mulai dari sekedar Indomie dan minuman hangat, makanan tradisional sampai makanan ala barat.

Jika Anda tidak puas hanya melewatkan sehari di kawasan Telaga Warna dan masih ingin mengeksplor alam sambil merasakan hawa sejuk dan indahnya suasana pegunungan, Anda bisa menyewa villa milik pribadi atau menginap di hotel yang sangat banyak dijumpai di daerah puncak dengan harga yang beragam mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Tertarik ingin mencoba berwisata ke sana, silahkan, karena tiket untuk memasuki taman wisata ini terbilang cukup murah. Setiap wisatawan lokal hanya membayar Rp. 10.000 untuk bisa masuk ke sana. Untuk setiap fasilitas wisata lain dana yang dikeluarkan juga tidaklah terlalu menguras kantong. Namun disarankan berkunjunglah saat udara cerah karena jika mendung, danau akan tertutup kabut sehingga pemandangan danau tidak terlihat dan kegiatan meluncur di atas danau juga tidak akan bisa dilakukan, begitu juga dengan kegiatan wisata lainnya. Jadi selamat berwisata. (Ach)

0 comments